Kolam Renang Minimalis

0

Olahraga menjadi salah satu kebutuhan yang menunjang untuk bisa mendapatkan tubuh yang sehat. Ada banyak sekali jenis olahraga yang bisa dilakukan. Untuk bisa mendapatkan tubuh yang sehat, maka kita harus berolahraga secara rutin. Salah satu jenis olahraga yang banyak dipilih adalah berenang. Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari berenang secara rutin. Anda mungkin adalah salah satu yang bisa melakukan olahraga renang secara rutin. Biasanya orang akan melakukan olahraga renang pada saat weekend.

Pada saat hendak melakukan olahraga renang secara rutin, maka kita akan memilih kolam renang dengan air yang bersih dan tempatnya nyaman. Padahal sekarang ini mungkin kita akan sulit untuk mendapatkan kolam renang dengan air yang masih alami. Kebanyakan kolam renang pasti menggunakan kaporit agar airnya bersih.

Padahal jika penggunaan kaporit dalam jumlah banyak maka akan membuat mata terasa perih. Bagi Anda yang memiliki lahan rumah hyang cukup besar, maka Anda bisa membuat kolam renang sendiri agar bisa memastikan kualitas dari airnya. Sekarang ini ada banyak orang yang membuta kolam renang minimalis dirumahnya agar bisas berolahraga secara rutin.

Tentunya akan sangat menyenangkan jika memiliki kolam renang sendiri dirumah Karena Anda bisa berolahraga secara rutin bersama dengan anggota keluarga lainnya. Apabila Anda memiliki keinginan untuk membuat kolam renang dirumah, maka Anda harus paham konsekuensinya bahwa Anda harus secara rutin menjaga kebersihan air dari kolam renang tersebut. Selain bisa menjadi alternative berolahraga yang sangat baik, keberaadaan kolam renang dirumah bisa menjadi sarana untuk relaksasi dan juga tempat untuk bisa memulihkan diri.

 Keterbatasan lahan bukan menjadi halangan untuk bisa mendapatkan kolam renang. Anda bisa membuat kolam renang minimalis yang sesuai dengan lahan yang Anda miliki dan juga desain rumah yang Anda miliki. Kolam renang tersebut mengutamakan fungsi serta kebutuhan, untuk masalah pembuatan serta perawatan maka bisa menyesuaikan dengan anggaran yang Anda miliki. Pada saat hendak membuatnya, maka Anda perlu memperhatikan beberapa hal terlebih dahulu agar Anda bisa mendapatkan kolam renang yang sesuai dengan keinginan Anda.

Berikut adalah beberapa hal yang harus diperhatikan saat hendak membuat sebuah kolam renang minimalis di rumah Anda :

  • Lahan kecil tetapi kolam renang tetap ideal

Hal pertama yang harus diperhatikan saat hendak membuat sebuah kolam renang adalah lahan yang Anda miliki. Usahakan Anda memperhatikan luas dari lahan yang hendak Anda gunakan untuk membuat sebuah kolam renang. Untuk ukuran minimal dalam membuat sebuah kolam renang adalah 6m X 2m dengan bentuknya memanjang. Sedangkan lahan yang harus tersedia adalah 8m X 2m. jika lahannya tidak mencukupi, maka Anda bisa membuat kolam renang dengan arus yang pada penggunaannya seakan-akan seperti bergerak padahal sebenarnya arus dari airnya yang membuatnya seperti bergerak.

 

  • Memilih system skimmer jadi system dari pengairannya

Hal berikutnya yang sebaiknya diperhatikan saat hendak membuat sebuah kolam renang minimalis adalah bagaimana system pengairannya. Secara keseluruhan ada dua jenis pengairan yang ada untuk kolam renang. Pengairan tersebut seperti system overflow dan juga isstem skimmer. Apabila Anda memilih pengairan yang sesuai, maka air yang ada pada kolam renang milik Anda tidak perlu untuk diganti. Adanya mesin penyaring yang ada pada system dari pengairannya sendiri bisa membersihkan kolam renang miliki Anda dengan otomatis.

Sistem overflow sendiri perlu adanya sebuah alat sirkulasi air yang namanya adalah balancing tank. Alat tersebut perlu adanya lahan yang lumayan besar karena nantinnya akan mengalirkan airnya sampai dengan tepi kolammn. Untuk system skimmer sendiri tidak perlu adanya balancing tank agar bisa berfungsi, sehingga akan cocok untuk Anda yang memiliki keterbatasan lahan

  • Memakai material yang teksturnya kasar pada permukaan di atas kolam

Berikutnya yang sebaiknya diperhatikan adalah penggunaan material di atas kolam. Sekrang ini ada banyak jenis keramik yang ada tetapi Anda harus selalu mengutamakan fungsinya pada saat memilihnya.Usahakan memilih keramik yang punya permukaan yang tidak licin pada sekitar kolam renang minimalis karena akan berbahaya pada saat ada yang berenang dan hendak naik ke perumakaan bagian atasnya. Usahakan memilih keramik dengan permukaan yang kasar agar tidak berbahaya bagi yang sedang berenang. Jika Anda hanya memikirkan estetika maka akan membahayakan bagi anggota keluarga atau kerabat yang sedang berenang.

  • Memilih tanaman hias yang tidak mudah rontok

Pada saat hendak membuat sebuah kolam renang tentunya Anda juga memiliki tujuan untuk memperindah rumah Anda. Salah satu hal yang bisa dilakukan untuk bisa memperindah rumah Anda adalah dengan menambahkan tanaman hias pada tepian kolam renang minimalis yang Anda miliki. Dengan menambahkan tanaman, maka akan membuat kolam renang menjadi semakin sejuk.

Anda bisa memilih tanaman yang rimbun dan juga tidak mudah untuk merontokan daunnya. Dengan memilih tanaman seperti itu, maka Anda tidak perlu capek untuk sering membersihkannya. Karena jika daunnya mudah rontok maka akan jatuh ke kolam renang dan kemudian menjadi sampah. Anda bisa memilih jenis palem-paleman sebagai tanaman yang tepat. Selain itu Anda juga bisa memilih tanaman dollar serta kalatela, karena beberapa jenis tanaman tersebut tidak mudah untuk merontokan daunnya.

  • Dalam perawatannya, Anda bisa mengecek kadar pH

Walaupun Anda tidak perlu sering menguras kolam renangnya, karena telah terpasang mesin untuk pengering dari system pengairannya, akan tetapi Anda juga harus rutin untuk mengecek kadar pH dari kolam renang Anda setidaknya seminggu sekali. Kadar pH yang normal untuk sebuah kolam renang adalah 7. ‘

Bagi kolam renang dengan pH yang terlalu tinggi, maka Anda bisa menambahkan larutan dari asam HCl. Sedangkan untuk kolam renang dengan pH yang rendah, maka Anda bisa menambahkan soda dengan jenis ash dengan sifat alkali. Kadar dari klorinnya sendiri perlu untuk ditambahkan setiap bulannya karena bisa mempengaruhi kondisi dari air kolamnya. Untuk sebuah kolam renang minimalis dengan ukuran 3m X 9m maka membutuhkan tiga kilogram klorin. Anda juga bisa menambahkan sofa abu agar bisa mengikat berbagai jenis kotoran yang ada pada dasar kolam jadi kolam renang Anda bisa lebih mudah untuk dibersihkan.

Berbagai tips diatas bisa membantu Anda dalam mempersiapkan sebuah kolam renang yang sesuai dengan keinginan Anda. Usahakan Anda mempertimbangkannya dengan baik dari segi ketersediaan

lahan serta juga keamanan pada saat hendak membuat sebuah kolam renang di rumah Anda. Anda bisa mencari tahu terlebih dahulu mengenai apa saja yang dibutuhkan untuk membuat sebuah kolam renang. Dengan membuat sebuah kolam renang maka Anda bisa berolahraga secara rutin. Sekarang ini kolam renang minimalis sudah banyak dipilih untuk mereka yang memiliki sebuah rumah yang minimalis. Jika Anda membutuhkan kontraktor untuk membuat kolam renang yang minimalis, Silahkan hubungi kami www.margahayupool.com

Share.

Leave A Reply

WhatsApp chat