Bingung Dengan Cara Perawatan Kolam Renang ? Margahayu Pool Lah Solusinya

0

 

            Hujan adalah berkah yang rizki yang patut untuk kita syukuri. Pada saat masuk musim penghujan banyak rizki yang hadir ditengah kita. Ladang yang tandus kini kembali hijau, sumur yang kering kini kembali berlimpah air. Hanya saja kita harus memperhatikan berbagai hal dan kemungkinan yang bisa saja terjadi pada musim hujan. Peralihan cuaca membuat kita harus senantiasa melakukan ekstra pengawasan. Baik itu pengawasan dari dalam maupun pengawasan dari luar. Hal ini juga patut kita lakukan untuk merawat kolam renang agar air yang terkena air hujan tidak menjadi penyakit bagi semua orang yang memakai. Cara perawatan kolam renang sebenarnya tidak membutuhkan dana yang cukup besar. Hanya saja, ketika hal ini tidak dilakukan maka akan berakibat buruk pada bagian kolam. Hal buruk itu bisa saja kerusakan pada bibir kolam maupun pada bagian dasar kolam. Apabila dasar kolam mengalami kebocoran maka dapat dipastikan biaya untuk memperbaiki akan jauh lebih besar lagi.

            Cara perawatan kolam renang ini perlu dilakukan secara rutin. Terutama pada saat musim hujan seperti sekarang ini. Intensitas hujan yang cukup sering dapat memberikan dampak buruk pada kondisi kolam renang. Hal yang biasanya terjadi pada kolam renang apabila terkena air hujan yakni air menjadi anyir dan bau kemudian air bisa meluap kemana saja. Apabila dibiarkan maka hal ini akan menjadi bencana bagi semua orang, terutama bagi pemilik kolam renang itu sendiri. Guna menghilangkan bau anyir yang terdapat pada kolam renang maka Anda bisa melakukan pemberisihan dan pemberian beberapa zat kimia yang dapat menetralisir kuman dan penyakit yang ada pada kolam renang. Selain itu Anda juga harus memberikan perawatan pada kolam sebagai berikut.

 

1. Periksa Bakteri dan Lumut

Lumut dan bakteri yang ada pada kolam renang bisa saja terjadi di musim hujan maupun musim kemarau. Hanya saja pada musim hujan kecenderungan adanya lumut dan bakteri lebih mudah dan lebih cepat dibanding pada saat musim kemarau. Pasalnya, banyak air hujan yang turut tercampur dalam air kolam renang sehingga bisa saja  air yang berlumut dan memiliki bakteri dapat menimbulkan berbagai penyakit yang bisa terjangkit pada siapa saja. Apabila kolam renang mengandung kuman dan bakteri yang cukup banyak maka kolam tersebut dapat dikatakan tidak sehat juga.

 

Apabila ingin detail dan akurat lagi maka diperlukan alat khusus untuk mengukur dan menilai kadar air. Adapun yang biasanya dilakukan yakni mengukur kadar PH dalam air dan mengukur tingkat keasaman zat chlorine. Apakah air itu sehat untuk kulit atau tidak akan terlihat jelas menggunakan alat ini. Perlu juga memberikan obat berupa bahan kimia guna membunuh bakteri dan lumut yang ada pada kolam.

 

2. Bersihkan Kotoran di Kolam Renang

Terkadang, saat hujan turun akan banyak kotoran yang turut tercampur dalam air kolam. Terutama jika kolam tersebut berada diluar ruangan, angin yang kencang bisa membawa daun atau kotoran lain yang kemudian masuk dalam kolam renang. Keadaan ini akan membuat kolam menjadi keruh dan kotor sehingga sangat perlu untuk dibersihkan.

 

Waktu yang dibutuhkan untuk membersihkan kolam bisa disesuaikan dengan ukuran dan bentuk kolam. Apabila kolam cukup luas maka perlu jarak pembersihan lebih dekat dibanding kolam dengan ukuran yang lebih kecil. Akan lebih baik jika seminggu dua kali Anda membersihkan kolam renang secara berkala agar lebih terawat. Cara perawatan kolam renang ini sangat mudah dan praktis.

 

3. Keringkan Kolam Renang Setelah Turun Hujan

Air hujan biasanya membawa zat asam yang dapat membuat kulit tubuh terasa gatal. Berbagai zat yang ada pada air hujan bisa membawa banyak penyakit pada beberapa orang yang berenang dalam kolam. Sebelum berbagai penyakit ini menjangkit maka akan lebih baik jika Anda mengurasnya terlebih dahulu.

 

Ada baiknya pada musim hujan itu dilakukan pengeringan kolam. Selain akan membuat kolam awet, dasar kolam juga akan terhindar dari lumut, alga dan jamur. Apabila dikosongkan secara berkala maka dasar kolam akan terlihat lebih bersih dan lebih mudah dibersihkan.

 

4. Perhatikan Volume Air

Hujan deras dapat menambah volume air kolam menjadi meningkat. Apabila dibiarkan maka dapat merusak pemadangan dan kualitas air yang ada pada kolam juga menjadi tidak terkontrol. Akan lebih baik jika ingin sedikit berhemat maka sebaiknya isi kolam renang dengan volume yang tidak begitu penuh sehingga pada saat hujan turun tidak akan meluap deras dan merusak pemandangan.

 

Sebenarnya tidak hanya itu, saat musim hujan tiba bagian pinggir kolam akan ada kotoran kemudian bagian bawah kolam akan ada endapan kotor. Akan lebih baik jika pada saat musim hujan untuk sementara kolam dikosongkan terlebih dahulu sehingga air yang ada pada kolam hanyalah air hujan saja. Apabila sudah penuh dengan air hujan lagi maka kosongkan saja lagi. Pengisian kolam dilakukan jika hendak digunakan saja, atau ada perencanaan untuk menggunakan kolam agar tidak banyak air yang terbuang percuma. Apabila hendak digunakan barulah diisi lagi dengan air bersih.

 

5. Gunakan Filtrasi

Teknologi filtrasi ini dapat memudahkan kita dalam mengelola kolam renang. Apabila Anda belum tahu mengenai teknologi ini bisa tanyakan pada toko yang menyediakan. Karena dengan alat ini Anda dapat mengelola kolam renang dengan jauh lebih baik. Misalnya mengenai kadar dan volume air. Waktu pembersihan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan lain sebagainya.

 

  • Jasa Bikin Kolam Renang Jabodetabek Berpengalaman dan Murah

 

Alat ini mudah digunakan baik yang belum pernah menggunakan sekalipun. Dengan alat ini Anda bisa melakukan management pembersihan dan cara perawatan kolam renang lebih baik lagi. Demikian juga jika Anda memiliki karyawan untuk pemeliharaan kolam renang maka secara berkala Anda dapat memantau dengan lebih baik lagi.

 

6. Mengukur Alkalinitas Air Kolam

Cara mengukur tingkat alkalinitas dalam air kolam bisa menggunakan alat test alkali kit yang bisa Anda dapatkan ditoko mana saja. Toko yang menyediakan alat ini dapat menjelaskan cara pemakaian dan tips yang tepat untuk menggunakan alat ini. Apabila Anda sering melakukan konsultasi pada toko peralatan kolam renang maka Anda akan lebih tahu mengenai cara perawatan kolam renang yang baik dan benar.

 

            Apabila beberapa perawatan tersebut dilakukan secara berkala maka kolam renang Anda akan terbebas dari segala macam penyakit. Selain itu, permukaan kolam juga akan terlihat bersih dan tidak licin sehingga akan membuat para pemakai merasa senang dan bahagia. Kolam yang bersih dan terawat juga akan menunjukkan warna biru yang indah sehingga siapa saja yang melihat segera ingin melompat untuk berenang. Di atas telah dipaparkan cara merawat kolam yang sebaiknya anda terapkan. Bila merasa kesulitan dalam melakukan hal itu, Anda bisa menggunakan jasa perawatan kolam dari Margahayupool.Com. Kami menerima jasa perawatan kolam renang untuk daerah Jabodetabek, Malang, Jogja, Banyuwangi, Surabaya, Semarang, Kediri, Makassar, Pontianak, Manado, dll. Bila tertarik, hubungi Margahayu Pool di alamat: Jl. Ampera Raya Nomer 17G, Jakarta Selatan.Telpon (021) 2278 4764 mobile/WA: 0816 77 35 14.

Share.

Leave A Reply