Yuk, Ketahui Cara Menghitung Biaya Listrik Untuk Kolam Renang

0

Jika anda mempunyai kolam renang entah kolam renang pribadi ataupun anda mempunyai usaha kolam renang atau jika anda akan membuat kolam renang pernakah terpikirkan oleh anda bagaimana cara untuk menghitung biaya listrik pada kolam renang? Sebagaian dari klien kami sering menanyakan kepada kami bagaimanakah cara untuk menghitung biaya kebutuhan listrik untuk kolam renang, apakah mahal biaya listrik yang akan dikeluarkan untuk kolam renang?

Untuk kompenen utama pada kolam renang yang bersumber dari listrik seperti pompa kolam renang, pencahayaan kolam renang, hingga aksesoris taman pada kolam renang sangat perlu sekali anda hitung cost-nya

 

Anda juga dapat membaca Pengertian Kolam Renang Dan Aksesoriesnya

 

Sebenarnya kita sangat beruntung sekali bila mempunyai kolam renang di indonesia karna dinegara eropa sana masalah cuaca dan musim sangat berpengaruh besar sekali pada biaya yang akan dikeluarkan untuk biaya pengeluaran listrik kolam renang karna jika anda tinggal di negara eropa anda pasti akan memerlukan sistem tambahan seperti pemanas air untuk kolam renang anda.

Sistem kelistrikan untuk kolam renang di Indonesia masih standart sehingga elemen perhitungannya untuk cost / harga yang akan anda keluarkan perbulan untuk kolam renang anda juga relatif sederhana. Anda hanya membutuhkan akumulasi detail pada 2 kompenen utama kolam renang yakni pompa filter dan pencahayaan. Dari situ anda nanti akan mengetahui berapa biaya perbulan yang harus anda keluarkan untuk setiap satu kolam renang di rumah anda.

Contoh Kalkulasi Untuk Biaya Listrik Pada Kolam Renang Anda

Jika anda mau menyamakan / memukul rata , biaya listrik pada kolam renang anda kira-kira menghabiskan sekitar 300 ribuan perbulan (tapi ini juga tergantung ukuran kolam renang anda). Jika anda menghabiskan 300 ribu perbulan untuk kolam renang anda maka anda  membutuhkan biaya 75 ribu perminggu untuk kolam renang anda karna jika dihitung per KWh bisa jadi perminggu  anda memerlukan konsumsi lisrik sebesar 20 – 30 KWh untuk kolam renang anda.

Berikut kompenen yang membutuhkan listrik pada kolam beserta contoh cara perhitungan beban untuk biaya listrik per hari dan per bulannya.

1.Pompa Dan Filter Kolam Renang

Ini merupakan salah satu kompenen penting pada kolam renang yang termasuk dalam kompenen listrik untuk kolam renang. Mengingat peran pompa dan filter kolam renang yang tidak bisa dipisahkan dari kompenen penting kolam renang maka menghitung besaran biaya listriknya jadi cukup penting. Supaya kita mendapatkan perhitungan yang pas maka terlebih dahulu perlu diketahui kapasitas pompa yang dipakai dan kemudian berapa daya nyalanya dalam watt (diubah ke kilowatt) setiap kali akan beroperasi

Berikut contohnya, anda menggunakan pompa kolam hayward untuk kolam renang anda dengan kapasitas 1 HP dengan daya 600 watt dan durasi nyala 5 jam setiap harinya. Diketahui juga Tarif Dasar Listrik (TDL) 2020 adalah sebesar 1300 per kilo watt hour (KWh). Maka, untuk perhitungan biaya harian dan bulanannya sebagai berikut :

  • Daya 600 watt = 0,6 kilo Watt
  • Jika pemakaian harian : 5 jam
  • Tarif untuk per kWh : Rp 1.400,00 Jadi, biaya listrik per hari untuk menghidupkan satu unit pompa kolam renang yang berkapasitas 1 HP per harinya adalah sebesar
  • (0,6 x 5 x 1.400) = Rp 1.400 atau sebesar 126.000 perbulannya ( 1.400 x 30 hari) .

 

2.  Pencahayaan / Lampu Pada Kolam Renang Anda

Untuk kompenen pencahayaan kolam renang jelas tidak bisa dipisahkan dari konsumsi listrik pada kolam renang. Sebab, kolam renang pasti memerlukan setidaknya lampu penerangan sebagai pelengkap pada dekorasi kolam renang sekaligus juga untuk keamanan pada saat malam hari. Pencahayaan kolam renang biasanya memerlukan kompenen lampu khusus dengan besaran daya dan voltase tertentu. Pada umumnya lampu kolam renang yang standart mempunyai daya 10 hingga 12 watt berarus DC 12 volt dan sudah sangat terang.

Untuk perhitungannya tinggal dihitung berapa jumlah lampu yang dipasang dikalikan dengan kapasitas daya dalam kWHnya anda dapat berasumsi semisal anda mempunyai kolam renang dengan lampu pencahayaan pada kolam renang anda (under water light)  sejumlah 6 buah dengan kapasitas 12 watt dan durasi nyala lampu kolam misalnya 10 jam perharinya maka bisa dikalkulasi biaya listrik untuk pencahayaan kolam renang khusus underwater light adalah sebagai berikut:

  • Jumlah lampu underwater light (LED) : 6 buah
  • Kapasitas daya per lampu LED ; 12 watt = 0,012 kilo watt
  • Lama lampu menyala rata-rata perhari 8 jam
  • Tarif listrik per kwH = 1.400

Maka cara menghitungnya yakni (6 x 0,012 x 8) x 1.400  = 0,576 x 1400 = 806.4 (perhari)

Jika dikalkulasi dalam sebulan maka menjadi 806.4 x 30 = 24.192 dibulatkan menjadi 25.000

 

Jadi total pengeluaran untuk biaya listrik pada kolam renang

anda dalam satu bulan yakni Rp 126.000 + Rp 25.000 = Rp 151 000

 

 

Adanya Tambahan Perhitungan Biaya Listrik Pada Kolam Renang Anda

Di atas adalah perhitungan khusus untuk underwater light atau lampu penerangan bawah air saja. Anda pasti paham bahwa pencahayaan pada kolam renang tidak hanya pada underwater saja namun juga ada pencahayaan disisi taman jika anda mempunyai taman disekitar kolam renang.

Hal ini juga berlaku untuk kolam renang pribadi dimana biasanya orang-orang akan menyediakan space khusus untuk taman. Penempatan lampu pencahayaan biasanya disekitar tanaman hias atau di gazebo mini.

Anda tinggal hanya menambahkan saja jika memang lampu dekoratif ingin anda hitung dalam pengeluaran listrik untuk kolam renang anda.

 

 

Bagaimana Anda Menghemat Pengeluaran Biaya Listrik Pada Kolam Renang Pribadi Anda

Berikut tips untuk menghemat biaya pengeluaran listrik pada kolam renang anda, jika anda adalah orang yang sudah terbiasa atau lumrah dengan biaya listrik segitu untuk kolam renang anda maka tidak bisa dilakukan lagi efisiensi model apapun.

Namun jika anda merasa anda perlu melakukan penghematan terkait biaya listrik untuk kolam renang anda semuanya masih bisa diusahakan, yaitu dimulai pada saat anda merencanakan instalansi baik pompa filter maupun lampu pada kolam renang anda.

Usaha lainnya dalam melakukan penghematan listrik pada kolam renang anda yakni anda bisa memilih pompa kolam renang dengan kapasitas filter yang pas. Jika anda menginginkan kolam dengan penghematan energi yang bisa diandalkan maka anda harus selektif saat memilih pompa dan filter. Tidak apa-apa jika anda membeli barang yang sedikit mahal namun awet dan hemat.

Kemudian untuk pemilihan lampu penerangan di kolam renang anda, anda bisa memilih lampu yang hemat energi seperti lampu Led dengan daya 10 sampai 12 watt sudah cukup terang untuk membuat kolam renang anda nampak indah. Anda tinggal hanya menyesuaikan jumlah lampu untuk kolam renang anda. Sementara untuk lampu taman dan dekorasi di sekeliling kolam renang anda bisa menggunakan lampu hemat energi. Batasi penggunaan banyak lampu pada kolam renang anda jika memang memungkinkan sumber pencahayaan  bisa didapat dari dalam rumah.

Langkah penghematan lain yang bisa anda lakukan yakni dengan menutup kolam renang memakai cover saat tidak dipakai dalam waktu lama. Cara ini juga akan mengurangi penggunaan dan kinerja pompa yang berdampak pada penghematan listrik.

Selain itu untuk pengoperasian pompa anda juga bisa mengurangi jam operasionalnya terutama saat kolam renang akan diberi obat. Untuk pompa filter kolam renang pun sebenarnya bisa hemat dengan penggunaan pompa kolam renang yang hemat energi. Jadi pada saat anda memilih pompa pertimbangkan seefisien dan seefektif mungkin.

Demikian cara menghitung biaya listrik pada kolam renang dan cara terbaik dalam melakukan penghematan listrik pada kolam renang. Semoga dapat menjadi referensi terbaik anda dalam aktivitas  perawatan kolam renang dirumah anda.

Jika anda ingin membuat kolam renang atau anda mencari jasa kontraktor kolam renang dijakarta yang terbaik dan berpengalaman Anda dapat menghubungi  0816773514 atau Telpon (021) 2278 4764

 

atau silahkan anda klik gambar whatsapp dibawah ini untuk langsung chat otomatis dengan kami. Anda bisa juga mengunjungi kantor kami yang beralamatkan di Jl. Ampera Raya No.17G, Jakarta Selatan.

 

 

 

Share.

Leave A Reply