Maintenance Kolam Renang Menggunakan Jasa Margahayu Pool

0

Maintenance kolam renang penting dilakukan guna membuat kolam selalu bersih dan terbebas dari penyakit. Apabila kolam rutin dibersihkan maka tidak akan jamur, lumut dan bakteri yang tumbuh. Biasanya, jamur dan lumut akan tumbuh disekitar bibir kolam, dasar atau dinding kolam. Tidak hanya itu saja, air kolam renang yang jarang dibersihkan juga akan terlihat keruh dan hijau sehingga tidak sedap dipandang mata. Apabila dibiarkan begitu saja dalam waktu yang cukup lama maka lama kelamaan dasar dan dinding kolam bisa mudah rusak dan retak akibat pengikisan yang dilakukan oleh lumut dan jamur. Tanpa disadari, sebuah perawatn itu dapat membuat kolam renang menjadi awet dalam waktu yang cukup lama. Bandingkan saja dengan berbagai kolam yang jarang sekali dirawat dan jarang diberikan obat pembunuh kuman maka kolam renang rentan sekali rusak dalam waktu dekat.

            Perawatn rutin yang dilakukan pada kolam renang sebenarnya jauh lebih hemat dibanding harus memperbaiki kerusakan apabila dasar atau dinding kolam rusak. Maintenance kolam renang yang pas akan membuat biaya pengeluaran lebih hemat lagi. Adapun serangkaian perawatan yang harus dilakukan antara lain :

1. Vacuum dasar kolam

Pembersihan kolam dengan cara divakum ini sangat penting untuk dilakukan. Pasalnya, berbagai tumbuhan kecil yang bisa saja hidup didasar kolam bisa hilang dan bersih. Terdapat banyaktumbuhan yang bisa saja tumbuh disana antara lain alga, jamur atau lumut. Berbagai kotoran hitam juga bisa mengendap didasar kolam sehingga membuat dasar kolam bisa rusak kapan saja. Proses pembersihan ini sebaiknya dilakuakan seminggu dua kali atau setidaknya 8 kali dalam sebulan sehingga lantai kolam akan terlihat bersih. Kolam yang bersih tidak mudah terkena jamur dan lumut sehingga kedepannya, lantai kolam akan terlihat lebih bersih dan tahan lama. Jamur dan lumut dapat mengikis permukaan keramik sehingga kolam renang akan rawan terjadi bocor.

2. Sikat dinding dan dasar kolam

Menyikat dinding dan dasar kolam ini sebenarnya berbeda dengan cara vakum. Hanya saja sebagian orang masih menganggap keduanya sama saja. Perbedaan diantara keduanya jelas saja berbeda, terutama jika dilihat dari alat yang digunakan. Tentu cara vacum bisa lebih mahal dibanding dengan cara sikat mengingat alat yang digunakan lebih mahal dengan menggunakan vacuum. Cara menyikat yang baik dan benar juga harus diketahui agar permukaan keramik tidak mudah rusak terkena sikat yang tajam.

3. Buang kotoran secara berkala

Pada permukaan kolam renang seringkali terdapat kotoran berupa daun atau kotoran lain yang bisa saja terbawa oleh angin. Terutama jika posisi kolam tersebut bersebelahan dengan aneka tumbuhan. Beberapa hewan kecil seperti serangga juga bisa saja ada di kolam yang tanpa sengaja tercemplung atau terbawa oleh angin. Banyak faktor yang dapat membuat kolam renang terlihat keruh dan kotor. Beberapa diantaranya, daun, serangga, renik, alga, lumut dan jamur.

  • Jasa Bikin Kolam Renang Jabodetabek Berpengalaman dan Murah

4. Test PH dan Chlorine

Perlu melakukan test PH dan zat chlorine pada kolam renang agar tingkat keasamannya tetap terjaga. Apabila jumlah PH dan chlorine tidak stabil maka Anda butuh menambahkan chemical pada air kolam. Hal ini berfungsi untuk menjaga kestabilan air agar tetap sehat digunakan. Dapat dikatakan tahapan test ini adalah hal yang paling penting dilakukan dalam  maintenance kolam renang agar proses perawatan bisa berjalan dengan baik dan sempurna. Tubuh manusia butuh  PH dan chlorine yang stabil agar kesehatan bisa tetap terjaga.

5. Menjaga ruang mesin dan filter

Kolam renang yang sehat dan baik tentu harus memiliki ruang mesin dan filter agar air yang ada dalam kolam tetap terjaga. Ruangan untuk menyimpan mesin dan filter harus tetap kering dan terbebas dari lembab. Apabila ruangan pengap dan kurang sekali terawat maka bisa saja merusak mesin dan alat filter yang ada sehingga kedepannya apabila beli lagi tentu akan makan biaya yang lebih besar dan banyak. Guna menjaga kelembaban ruang agar tetap kering perlu sekali membuka ruangan agar cahaya dan udara yang masuk bisa tetap terjaga dengan baik. Terutama pada saat siang hari ketika matahari tengah panas dan udara juga tidak lembab.

6. Merawat filter

Selain menjaga ruang penyimpanan mesin dan filter, Anda juga harus memperhatikan berbagai alat lain yang digunakan untuk pembersihan dan perawatan kolam. Salah satu alat yang harus diperhatikan yakni filter. Anda perlu melakukan backwash dan rinse setelah digunakan untuk vacuum. Hal ini dilakukan agar fungsi vacuum pada filter bisa tetap terjaga dengan sehingga bisa digunakan dalam waktu yang cukup lama. Proses pembersihan ini akan lebih baik jika dilakukan setelah digunakan. Tiap kali selesai menggunakan maka sebaiknya langsung dibersihkan dan dikeringkan dengan cara yang benar. Apabila semua perawatan alat dilakukan dengan benar maka alat yang dimiliki akan awet dan tahan lebih lama. Merawat berbagai alat ini adalah bagian maintenance kolam renang yang patut juga diperhatikan.

7. Obat pembersih kolam renang

Setelah melakukan berbagai hal yang ada pada uraian diatas maka langkah terakhir yang tidak boleh dilupakan adalah pemberian obat pembersih kolam renang. Adapun berbagai obat yang diperlukan berupa kaporit, granular, trussi anti lumut dan tablet pengikat chlorine. Kaporit digunakan untuk menjernihkan air dari warna hitam, hijau atau warna lain yang dianggap kuman dan bakteri. Kemudian granular berfungsi untuk membunuh kuman baik itu berupa bakteri maupun renik lainnya. Pemberian obat ini tidak bisa sembarangan. Harus ada orang yang tahu takaran dan cara menggunakannya. Apabila terlalu banyak maka akan menimbulkan berbagai kerusakan, baik pada manusia yang sedang berenang atau pada permukaan kolam renang.

 

            Ketujuh hal tersebut harus dilakukan secara rutin, akan lebih baik lagi jika dilakukan dalam waktu seminggu dua kali. Apabila hal tersebut kurang maka bisa ditambah, namun jangan untuk mengurangi karena perawatan yang kurang dapat membuat permukaan dinding dan dasar kolam mudah rusak. Perawatan yang rutin sebenarnya bisa dibilang lebih hemat jika dibanding harus mengganti dan meperbaharui kolam renang. Pengadaan alat dan bahan untuk kolam renang relatif murah dan mudah sehingga tidak ada alasan untuk tidak mendapatkan.

 

            Kolam renang yang bersih dan sehat dapat menyehatkan siapa saja yang berenang didalamnya. Untuk itu, kolam renang harus sehat dan terawat. Hanya dibutuhkan niat dan tekad yang kuat agar  maintenance kolam renang ini bisa berhasil dengan baik. Apabila Anda merasa kesulitan dalam melakukan baik itu berupa cara dan waktu maka segera hubungi jasa perawatan kolam yang bisa dipercaya. Ingat saja Margahayupool.Com. Kami menerima jasa perawatan kolam renang untuk daerah Jabodetabek, Malang, Jogja, Banyuwangi, Surabaya, Semarang, Kediri, Makassar, Pontianak, Manado, dll. Bila tertarik dengan jasa kami, hubungi Margahayu Pool di alamat: Jl. Ampera Raya Nomer 17G, Jakarta Selatan. Telpon (021) 2278 4764 mobile/WA: 0816 77 35 14.

Share.

Leave A Reply